Saturday 5 March 2016

admin

Ini faktanya! Ternyata sayur bayam berbahaya bagi kesehatan


Jangan terlalu sering makan sayur bayam jika anda belum tahu bagaimana cara memasak dan memakan sayur bayam yang benar. Alih-alih mendapatkan vitamin dan zat besi malah anda bisa terserang penyakit berbahaya.

Bayam memang terkenal mengandung vitamin, mineral dan zat besi sangat Tinggi. Tetapi jika cara pengolahannya salah dan pola memaknnya salah bisa berakibat fatal terhadap kesehatan kita. Mengkonsumsi sayur bayam memang baik. Tetapi anda wajib tahu bagaimana cara memasaknya.

Berikut hal-hal yang perlu anda perhatikan dalam memasak sayur bayam :

  • Tidak boleh mengkonsumsi sayur bayam yang sudah di diamkan selama 4- 5 jam setelah di masak.
Alasannya: Sayur bayam yang telah lama di diamkan akan mengandung senyawa ferro. Fero adalah senyawa kimia yang bersifat racun bagi tubuh kita. Ferro muncul akibat adanya oksidasi antara zat besi dengan udara. Zat besi yang terlalu lama bereaksi dengan udara maka akan berubah menjadi senyawa ferro.


  • Tidak boleh memanaskan sayur bayam berrulang-ulang
Alasannya: Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa proses oksidasi akan lebih cepat terjadi jika sayur bayam terlalu sering di panaskan.


Pertanyaan yang sering timbul di masyarakat

- Saya sering makan sayur bayam yang telah lama di diamkan tapi biasa aja tuh. Enggak terjadi apa-apa pada tubuh saya.

Perlu kita ketahui bersama bahwa mengkonsumsi sayur bayam yang telah teroksidasi tidak terjadi seketika. Begitu kita makan, kita langsung kejet-kejet. Tdak seperti itu kejadiannya. Dampak akibat mengkosumsi sayurr bayam yang sudah teroksidasi berlangsung sangat lama dan kita sering mngabaikannya . Karena ini berifat residu. Jika kita mengabaikan bahaya ini maka dalam jangka panjang akan terjadi penyakit baru dalam tubuh kita. Salah satu penyakit berbahaya yang akan timbul akbiat kebiasaan ini adalah penyakit sianosis. Sianosis adalah gejala ketidakmampuan heomoglobin untuk mengikat oksigen  Sehingga seluruh jaringan tubuh akan terasa lemas karena kekurangan oksigen.

Mulai sekarang rubahlah kebiasaan buruk kita dalam mengkonsumsi sayur bayam. Masaklah sayur bayam dengan cara yang benar sehingga manfaatnya bisa kita rasakan. Dengan demikian kita akan terhindar dari berbagimacam penyakit berbahaya yang kita tidak sadari sebelumnya.

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati
Semoga artikel sederhana ini bermanffaat dan silahkan di share jika berkenan

Sumber: http:www.tipscaraterbaik.com

About Jadi lezat -

JADI LEZAT adalah blog yang membahas Aneka Resep Masakan Dan Cara Membuat Masakan Lezat.

masukan email untuk info update artikel terbaru: